Senin, 15 April 2019

Menulis untuk Kesenangan

Seri Manual GLS, Menulis Untuk Kesenangan




Menulis adalah kecakapan hidup yang penting. Keterampilan menulis tidak hanya dibutuhkan dalam lapangan pekerjaan, namun juga dalam kehidupan sosial. Manusia menggunakan bahasa tulis, baik formal maupun informal, melalui media cetak, visual, maupun digital. Keterampilan mengungkapkan bahasa tulis/visual secara baik dan efektif merupakan kecakapan hidup abad ke-21. Siswa perlu mengenali cara berkomunikasi melalui bahasa tulis sejak dini agar dapat berkomunikasi dengan efektif. Manual ini menyajikan tips bagi kegiatan menulis di dalam kelas agar dapat dilakukan secara bertahap, menyenangkan, mudah diimplementasikan, dan terintegrasi dengan materi pembelajaran. Pembaca dapat mengembangkan contoh tersebut dengan paparan atau kegiatan lain yang sejenis.

Mengapa Menulis Penting Bagi Siswa?


Menulis meningkatkan kecakapan berpikir tingkat tinggi siswa, terutama kreativitas dan kecakapan berpikir kritis mereka.
Menulis memperdalam pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran dan menghubungkan materi pembelajaran dengan konteks kehidupan di sekitar mereka.
Kegiatan menulis mendorong siswa untuk bekerjasama dengan teman melalui proyek kolaboratif.
Menulis membiasakan siswa berpikir kritis, analitis, dan reflektif tentang diri mereka.
Menulis meningkatkan keingintahuan siswa. Dengan menulis, siswa harus meriset berbagai sumber bacaan untuk meningkatkan kualitas tulisan mereka.
Agar Menulis Menyenangkan di Ruang Kelas

Baca Juga : Tingkatkan Kemampuan Baca Tulis Siswa, Badan Bahasa dan Perbukuan Latih Instruktur Nasional


Ruang kelas perlu memiliki bacaan dengan topik dan genre yang beragam dan ditulis dengan baik.

Guru mendiskusikan dan menganalisis kualitas tulisan dalam bacaan dengan siswa:
Apa yang dilakukan seorang penulis untuk membuat tulisannya menarik?
Bacaan apa yang disukai oleh siswa? Apa yang membuatnya berbeda dari bacaan sejenis?
Bagaimana siswa dapat menulis dengan baik? Apa yang dapat mereka pelajari dari penulis-penulis favorit?
Apabila mereka menjadi penulis atau editor, masukan apa yang akan mereka berikan kepada penulis buku?

Baca Juga : Sepinya Perpustakaan dan Lemahnya Kegemaran Membaca


Kegiatan mendiskusikan tulisan perlu dilakukan secara bertahap, mulai dari menggambar atau menganalisis pilihan kata dalam tulisan.
Siswa mencatat pilihan kata kuat yang digunakan dalam tulisan. Kemudian, siswa mencatat kata-kata dalam tulisan yang kurang menarik atau sudah terlalu sering digunakan. Apabila mungkin, siswa menuliskan kata-kata penggantinya.

Sumber: Seri Manual gls menulis untuk kesenangan ( gln.kemdikbud.go.id )
Load disqus comments

0 komentar